Keajaiban Sedekah di Chatting dengan YM

Salah satu acara favorit saya yang ditayangkan setiap malam Jum’at dan Sabtu jam 21.30 WIB yaitu chatting dengan YM. Dalam salah satu episode kebetulan bintang tamu yang diundang adalah Ippho Santosa dan tema pembahasan malam itu adalah Keajaiban Sedekah. Baik Ust Yusuf Mansur maupun Ippho Santosa sama-sama tokoh yang cukup saya suka. Keduanya memang tergolong dekat, Ippho Santosa dikenal sebagai pengusaha muda, motivator, dan juga penulis buku-buku mega best sellernya sedangkan Ustadz Yusuf Mansur dikenal sebagai ustadz yang sering mengangkat motivasi umat  dalam ketaatan sebagai solusi/jawaban untuk hajat-hajat/permasalahan hidup yang umum dialami masyarakat.

Keduanya sama-sama memiliki pendapat yang sama tentang keutamaan sedekah yang akan mendatangkan banyak keajaiban bagi yang memberi sebagaimana Firman Allah dan Hadits Nabi. Menurut Ippho, orang yang hebat akan memberikan sedekahnya di awal tidak perlu menunda saat dia banyak rejeki dan selalu mengeluarkan lebih banyak dari kebanyakan tingkat keikhlasan manusia. Orang yang seperti itu akan mengedepankan otak kanannya, sedangkan orang yang lebih menggunakan otak kirinya akan berat dan selalu berhitung-hitung dalam mengeluarkan sedekahnya. Sedangkan Ust Yusuf Mansur lebih dikenal lagi sebagai Ustadz yang selalu menyerukan sedekah karena diawal kemunculannya pun sering menceritakan testimoni-testimoni dari orang yang punya pengalaman keajaiban sedekah.
Jika di dompet kita ada uang Rp 57.000 dengan komposisi nominal 1 lembar Rp 50.000, 1 lembar Rp 5.000 dan 1 lembar Rp 2.000 maka berapa uang yang akan kita sedekahkan? Sebagian besar orang akan menjulurkan lembaran Rp 2.000 karena secara nalar otak kiri akan mempengaruhi bahwa kita akan kehilangan banyak uang jika kita bersedekah yang besar. Sebaliknya otak kanan akan menyuruh kita memberikan Rp 50.000 karena memberikan keyakinan ada pahala dan pengembalian yang lebih baik dan berlipat yang akan diterima. Semoga kita semua masuk kelompok otak kanan sehingga bisa menjadi golongan kanan seperti yang dikabarkan di QS Al Waqi’ah
Yaitu golongan kanan*. Alangkah mulianya golongan kanan itu (QS 56:8)
* ialah mereka yang menerima buku catatan amal dengan tangan kanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s